Follow detikFinance
Rabu, 31 Jan 2018 12:49 WIB

Bagaimana Kabar Mobil Pedesaan Jokowi?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Kemenperin Foto: Kemenperin
Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak satu tahun lalu memprogramkan mobil pedesaan. Lantas, bagaimana kabarnya kini?

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa mobil pedesaan untuk tipe mobil angkut alat perkebunan telah diproduksi. Mobil tersebut diproduksi oleh 4 perusahaan.

"Mobil angkutan untuk alat-alat perkebunan, nah itu kan sudah diproduksi ya di Jogja Cb Karya Induk Sentosa dan ada 3-4 perusahaan. Astra Otoparts, Kia Motor, satu lagi pabrik yang namanya Esemka," katanya di Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa mobil pedesaan tersebut sudah diproduksi dan digunakan di beberapa perkebunan daerah Sumatera. Bahkan saat ini mobil tersebut sudah memasuki produksi dengan skala industri.

"Jumlahnya mereka yang memproduksi dan sudah dipakai di beberapa kebun. Sumatera kalau kebun. Kedua, sekarang skalanya sudah industri," jelasnya.

Apa Kabar Program Mobil Pedesaan Jokowi?Foto: Dok. Kementerian Perindustrian

Selain itu, Airlangga juga memaparkan bahwa mobil tersebut didesain langsung oleh insinyur Indonesia. Termasuk juga mesin prototipenya.

"Di Yogya sudah full desain oleh insinyur-insinyur Indonesia itu sendiri demikian Astra Otoparts. Kemudian jenis prototipe sudah dibuat salah satunya melalui desain oleh insinyur otomotif Indonesia," ungkapnya.

Namun, ia juga mengaku ada kendala dalam perbengkelan mesin prototipe tersebut. Ia meyakini bahwa bengkel tersebut baru bisa kembali memproduksi pada pertengahan tahun ini.

Airlangga menyebutkan terkait kendala yang dimaksud adalah investasi. Pasalnya dalam produksi tersebut dibutuhkan investasi hingga mencapai Rp 100 miliar.

"Perbengkelannya di Kia Motor itu salah satu prototipe tapi itu sedang kita perbaiki lagi dan akan diproduksi di pertengahan tahun ini. Kendala produksi pasti kendalanya investasi karena investasi minimal Rp 100 miliar," tutupnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed