Follow detikFinance
Rabu 31 Jan 2018, 15:12 WIB

RI Sudah Ekspor Mesin Mobil Pedesaan ke Malaysia

Puti Aini Yasmin - detikFinance
RI Sudah Ekspor Mesin Mobil Pedesaan ke Malaysia Foto: Dok. Kementerian Perindustrian
Jakarta - Mobil pedesaan kini sudah diproduksi di dalam negeri. Kini mesin mobil pedesaan tersebut telah diekspor ke Malaysia.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa salah satu produsen prototipe mobil pedesaan di Indonesia telah melakukan ekspor. Kegiatan tersebut telah dilakukan ke Malaysia.

"Astra Otoparts sudah kirimkan sample untuk ekspor. Ada prototipe yang sudah diekspor ke Malaysia sudah ada yang diekspor. Sudah dilaksanakan," jelasnya di Jakarta, Rabu (31/1/2018).

RI Sudah Ekspor Mesin Mobil Pedesaan ke MalaysiaFoto: Kemenperin

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan bahwa mesin mobil yang diekspor sudah beberapa unit. Namun, ia enggan menyebutkan detail angka tersebut.

"Sudah dilaksanakan. Ada beberapa unit," terangnya.


Lantas, ia menjelaskan bahwa pihaknya masih akan memikirkan rencana ekspor prototipe ke negara lainnya. Sementara ini, ekspor mesin baru dilakukan ke Malaysia.

"Nanti dilihat satu-satu karena yang baru ada kebun ya di Malaysia," tutupnya.

Sementara itu, kata Airlangga saat ini sudah ada 4 produsen yang telah membuat mobil pedesaan ini, yakni CV Karya Induk Sentosa, Astra Otoparts, Kia Motor dan Esemka.

"Sudah diproduksi ya di Jogja CV Karya Induk Sentosa dan ada 3-4 perusahaan. Astra Otoparts, Kia Motor, satu lagi pabrik yang namanya Esemka," tutupnya (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed