Follow detikFinance
Rabu, 07 Feb 2018 20:07 WIB

Perkuat Industri Logam, Pengusaha Minta 4 Hal Ini ke Pemerintah

Fadhly F Rachman - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta kepada pemerintah untuk bisa mendorong pengembangan industri logam dasar dan mineral logam bisa lebih maju. Ada sejumlah rekomendasi yang diberikan Kadin untuk bisa mendorong hal itu.

Ketua Komite Tetap Industri Logam, Mesin dan Alat Transportasi Kadin, I Made Dana, mengatakan pelaku industri meminta adanya kepastian dan keberpihakan pemerintah dalam menjamin bahan baku dan pasokan energi. Dalam hal ini, pemerintah diminta untuk bisa memberikan insentif bagi pelaku industri.

"Pemerintah dapat memberikan insentif bagi perusahaan yang serius dan konsisten melaksanakan hilirisasi pembangunan industri logam dasar melalui harga energi yang berdaya saing dan dukungan infrastruktur," kata Made di Menara Kadin, Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Yang kedua, kata Made, pemerintah perlu konsisten dan konsekuen terhadap kebijakan serta fokus pada pendalaman struktur industri logam dasar. Di sini, pemerintah melalui BUMN diharapkan untuk bisa mendorong pengembangan industri logam dasar dalam negeri.

"Jika dilakukan secara konsisten, proses industrialisasi kita akan jauh lebih matang sehingga memberikan efek pengganda atau multiplier effect yang lebih besar ke pertumbuhan ekonomi," jelas dia.

Selain itu, pemerintah diminta untuk bisa mendukung pengembangan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dan pemanfaatan atau pemakaian logam dalam negeri. Sebab, kebutuhan logam di beberapa sektor memang cukup tinggi.

"Penggunaan produk logam harus dijalankan, terutama terhadap proyek-proyek yang dibiayai APBN seperti proyek infrastruktur, otomotif, perkapalan, konstruksi dan komponen," ucapnya.

Terakhir, dia meminta adanya keberpihakan dari pemerintah dam mendukung upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia berdasarkan kebutuhan industri-industri logam. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed