Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Feb 2018 16:53 WIB

Sri Mulyani Bahas Mobil Listrik dengan Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma/detikFinance Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah telah menyiapkan suatu aturan yang meningkatkan investasi di Indonesia. Termasuk soal pengembangan mobil listrik di tanah air.

"Itu termasuk tadi apa yang anda sebutkan PPnBM, mobil listrik," kata Sri Mulyani di Komplek Istana, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Dia menyebutkan, pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas secara luas terkait dengan upaya pemerintah dalam mendorong investasi di Indonesia. Pasalnya, investasi menjadi salah satu kunci pertumbuhan ekonomi ke depan.

Dia menjelaskan, untuk pajak terkait dengan mobil listrik menjadi komitmen pemerintah terhadap perubahan iklim namun tetap memudahkan masyarakat untuk memiliki kendaraan transportasi.

"Agar masyarakat memiliki transportasi yang baik dan tidak menimbulkan emisi CO2 yang banyak maka kita harus mulai masuk kepada pertimbangan meningkatkan mobil listrik," jelas dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga menuturkan pemerintah akan memanfaatkan instrumen APBN termasuk perpajakan sebagai insentif agar investasi ke Indonesia meningkat.

Dia mencontohkan, pemberian insentif fiskal bisa diberikan kepada investor yang melakukan kegiatan di sektor prioritas, dalam rangka memperluas usaha atau ekspansi bisnis, dalam rangka perintisan, hingga melakukan pelatihan tenaga kerja.

Seluruh upaya tersebut nantinya akan dibahas bersama dalam sidang kabinet paripurna yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

"Kita akan menyampaikan pada sidang kabinet dengan bapak presiden, sudah di-schedule kan," tutup dia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed