Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 24 Mar 2018 19:15 WIB

Pemerintah Dorong Produksi Motor Custom di RI

Niken Purnamasari - detikFinance
Foto: Rusman/ Biro Pers Setpres Foto: Rusman/ Biro Pers Setpres
Jakarta - Industri motor custom tengah bergeliat di Indonesia. Kehadiran modifikator andal dalam negeri membuat industri tersebut menjadi salah satu potensi perekonomian.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah mendorong industri motor custom yang kini tengah bergeliat. Asal dalam produksinya tetap mengutamakan soal keselamatan (safety).


"Industri motor custom memang didorong. Jadi salah satu kemarin masalah custom, tidak semuanya pakai standar. Kalau tidak diproduksi massal, ya asal safety-nya terjamin,'" ujar Airlangga di Istana Bogor, Sabtu (24/3/2018).

"Industri custom, termasuk industri kecil menengah kami dukung. Karena di Amerika perusahaan Harley-Davidson pun customic. Jadi kalau mereka dapat mempunyai perlindungan dan fasilitas yang menengah juga kita dorong," lanjutnya.



Salah satu dorongan terhadap industri tersebut ditunjukkan oleh Presiden Joko Widodo. Beberapa waktu lalu Jokowi membeli motor custom Chopper berkelir emas seharga Rp 140 juta. Jokowi menegaskan, alasan dia membeli motor tersebut untuk mendorong industri otomotif yang dibangun anak bangsa.

"Saya membeli produk karya anak-anak bangsa untuk meningkatkan brand value. Bukan kali ini saja saya dorong produk lokal, seperti Sejiwa Kopi di Bandung, Toko Kopi Tuku di Jakarta dan Aming Coffee di Pontianak," ujar Jokowi seperti yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Sabtu (20/1/2018). (nkn/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com