Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 29 Mar 2018 14:59 WIB

KKP Telusuri Ikan Makarel Bercacing

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah menelusuri kasus mengenai 27 merek ikan makarel kalengan yang mengandung parasit cacing. KKP bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan menelusuri hal ini.

"Jadi intinya kita sekarang KKP dengan BPOM, KKP lintas eselon 1 sedang mempelajari mengenai karakteristik cacing ini," kata Direktur Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Kata dia, indikasi awalnya makarel bercacing yang ditemukan di 27 merek makarel kalengan berasal dari satu sumber yang sama.

[Gambas:Video 20detik]




"Ini diduga berasal dari satu kesatuan penangkapan ikan di laut pada waktu yang sama, pada waktu tertentu, pada musim tertentu, dan ledakan populasi cacing ini tidak lazim terjadi. Ini masih dugaan, masih dalam proses penelitian," ujarnya.

Terkait meledaknya populasi cacing ini, diduga karena faktor musim yang berubah-ubah. Namun lebih pastinya, pihaknya masih meneliti lebih dalam.


"Ada yang bilang kan ini perubahan musim, perubahan saat musim atau apapun sehingga populasi cacing itu meledak dan ikan makarel itu salah satunya inang cacing," jelasnya.


(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed