Ikan Makarel Bercacing Diduga Berasal dari Laut China

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 30 Mar 2018 10:55 WIB
Ikan Makarel Bercacing Diduga Berasal dari Laut China
Foto: detikhealth


Salah satunya adalah merek Fiesta yang diproduksi oleh PT Central Proteina Prima Tbk alias CP Prima yang produknya dinyatakan positif mengandung cacing. Apa kata perusahaan tersebut?

Sekretaris Perusahaan CP Prima Armand Ardika menyampaikan bahwa produk makarel dalam kaleng yang diproduksi perusahaan aman untuk dikonsumsi karena sudah melewati proses yang sesuai standar.

"Produk kita sudah pasti melalui proses standarisasi HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Point), SNI, dan dicek juga oleh Badan Karantina KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan). Jadi berdasarkan hal tersebut memang aman untuk dikonsumsi," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Dia memastikan produk makarel dengan merek Fiesta sudah memenuhi verifikasi saat diedarkan ke masyarakat. Dengan kata lain layak konsumsi.

Tapi saat ditanya mengapa produk tersebut nyatanya mengandung cacing, dia belum bisa memberi penjelasan, karena masih menunggu penyelidikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Meski demikian, BPOM menemukan cacing di 27 merek termasuk makarel yang diproduksi perusahaan. Mengenai itu, dia menyampaikan bahwa pihaknya tunduk dengan segala hal yang dilakukan oleh BPOM terhadap perusahaan.

Dia menambahkan, ini merupakan kejadian pertama kali yang menimpa perusahaan mereka. "Ini yang pertama kali yang BPOM menemukan kandungan cacing di produk kita," jelasnya.



(zlf/zlf)