Follow detikFinance
Kamis, 05 Apr 2018 14:08 WIB

Begini Cara Pemerintah Tingkatkan Kualitas Garam Lokal

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: agus Foto: agus
Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memiliki langkah khusus untuk meningkatkan kualitas garam lokal. Salah satunya melalui program resi gudang. Dalam hal ini, pihaknya menggandeng Kementerian Perdagangan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Mekanisme resi gudang bisa dijalankan. Kami akan berkomunikasi dengan Kemendag dan juga KKP karena resi gudang sangat membantu," kata Airlangga di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (5/4/2018).


Selain itu, pihaknya juga berupaya memperluas are tambak garam untuk meningkatkan jumlah produksi garam lokal. Dalam hal ini, lahan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) juga sudah ditinjau langsung oleh Menko Maritim Luhut Panjaitan beberapa waktu lalu.

"Jadi dari Kementerian, Menko Maritim sudah meninjau di Teluk Kupang dan juga penataan lahan menjadi isu utama karena di beberapa daerah potensi mempunyai keterbatasan lahan," ujar Airlangga.

Peningkatan kualitas garam dalam negeri juga ditingkatkan dengan menjalin kerja sama dengan KKP.

"Di dalam pengelolaan tambak dan KKP sudah punya program dan punya anggarannya," tutur Airlangga.


Direktur Industri Kimia Hulu Ditjen IKTA Kemenperin Muhammad Khayam dalam kesempatan yang sama menambahkan, mengenai program resi gudang perlu dilakukan tahun ini agar tidak ada perbedaan persepsi mengenai pasokan garam lokal. Dengan program ini, masing-masing gudang disertifikasi pemerintah volumenya.

"Kalau resi gudang seperti gudang disertifkasi pemerintah sehingga 400.000 ton nyata. Kalau ini dibilang punya di mana nggak ketahuan. Dengan resi gudang semuanya artinya jadi real bukan suatu saya punya dan lain-lain makanya itu harus," ujar Khayam. (ara/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed