Follow detikFinance
Selasa, 05 Jun 2018 16:35 WIB

2 Wilayah di NTT Ini Jadi Target Lokasi Produksi Garam

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Lahan garam/Foto: Suparno Lahan garam/Foto: Suparno
Jakarta - PT Garam (Persero) sedang mengembangkan lahan garam di Nusa Tenggara Timur. Selain lahan 225 hektar (ha) di Kabupaten Kupang, BUMN produsen garam ini menjajaki lahan garam di Kabupaten Nagekeo dan Kabupaten Alor.

"Baru rencana kita ada di Nagekeo dan Pulau Alor. Itu masih potensi sih, belum kita survei, nanti kita mau survei supaya jelas. Apa layak untuk lahan garam atau tidak," kata Direktur Operasional PT Garam, Hartono, di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Selasa (5/6/2018).

Hartono menjelaskan dalam mencari lahan garam perlu dicek spesifik agar bisa dipastikan bisa berproduksi atau tidak. Dia menjelaskan sebelumnya pernah mengecek lahan di Sumba Timur dan Sumba Barat di NTT, yang kabarnya bisa untuk produksi garam.

Setelah dicek, ternyata lokasinya tak cocok untuk produksi garam karena tanahnya berkarang dan curam.

"Memang pantai kita panjang tp ada beberapa persyaratan untuk bisa jadi lahan garam. selain iklim, kemudian demografi, tekstur tanah lurus atau tidak lurus," terang Hartono. dia.

Dia menambahkan, khusus untuk lahan garam di Kabupaten Kupang, PT Garam akan menggarapnya untuk lahan garam industri. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed