Follow detikFinance
Rabu, 06 Jun 2018 14:24 WIB

Harga Cetakan Tong Sampah Seperti Buatan Jerman Capai Rp 5 M

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom
Jakarta - Salah satu kendala mengapa belum ada produsen RI yang memproduksi tong sampah seperti yang dibuat Jerman alias tong sampah made in Jerman, adalah karena belum ada yang memiliki cetakan plastik untuk membuat tong sampah dengan ukuran dan bentuk yang mirip.

Tong sampah buatan Jerman berukuran cukup besar dengan bentuk kotak.

Sekjen Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiono mengatakan, bila ingin memproduksi tong sampah serupa maka perlu diperhatikan jumlah pesanannya agar efisien.


Pasalnya, investasi untuk membeli mesin cetak tong sampahnya saja sudah terbilang mahal.

"Alat cetak sendiri dipesan dan harganya bisa sampai Rp 5 miliar," ungkapnya kepada detikFinance, Selasa (5/6/2018).

Harga Cetakan Tong Sampah Seperti Buatan Jerman Capai Rp 5 MFoto: Tong sampah made in Jerman (Dinas Lingkungan Hidup DKI)

Sehingga, bila permintaan atau pesanan tak memadai maka produsen bisa rugi lantaran sudah berinvestasi cukup besar namun pembelinya tidak ada.


Belum lagi, ada masalah ketersediaan bahan baku. Menurut Direktur Pengembangan Bisnis Asosiasi Inaplas, Budi Susanto Sadiman saat ini, ketersediaan bahan baku plastik dalam negeri baru mencapai 4 juta ton. Padahal, kebutuhan bahan baku plastik di Indonesia sebanyak 6 juta ton sisanya masih dilakukan impor.

"Kebutuhan plastik Indonesia berjumlah 6 juta ton tahun 2017. Dalam negeri baru terpenuhinya sekitar 4 juta ton," pungkasnya.

Untuk itu, bila ingin tong sampah made in Jerman diproduksi di Indonesia, maka perlu dihitung juga ketersediaan bahan bakunya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed