Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Jun 2018 16:43 WIB

PTPN III Ingin Ekspor Ban Hingga Bioetanol Sampai ke Jepang

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi Ban (Foto: Ruly Kurniawan) Ilustrasi Ban (Foto: Ruly Kurniawan)
Jakarta - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III dalam dua tahun ke depan menyiapkan investasi senilai Rp 16 triliun. Dana tersebut untuk membangun pabrik ban kendaraan roda dua, bioetanol, dan minyak goreng. Pabrik siap dibangun tahun ini.

Direktur Utama PTPN Holding Dolly P Pulungan menyampaikan pihaknya sudah mengincar sejumlah negara untuk memasarkan produk hilirisasi perusahaan. Pangsa pasar masih di lingkup Asia.

"Saya bidik Taiwan, Filipina, China, Pakistan," katanya di Kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (8/6/2018).
Negara-negara tersebut bakal jadi negara tujuan ekspor perusahaan, mulai dari produk ban motor, hingga bioetanol. Namun untuk bioetanol, Jepang juga menjadi pangsa pasar yang diincar perusahaan.

"Bioetanol produk diekspor ke Taiwan, ke Jepang dan itu harganya sangat menarik," lanjutnya.

Di tempat yang sama, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pun mendorong PTPN III meningkatkan hilirisasi produk. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan ekspor.

"Hilirisasi bukan opsi lagi. Ini keharusan kalau ingin berkompetisi. Kita harap kalau hilirisasi makin banyak bisa tingkatkan ekspor. Orang bicara rupiah segala macam, tapi lupa gimana ciptakan suplai dolar. Itu datangnya hanya dua, investasi dan eskpor," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya