Follow detikFinance
Jumat, 22 Jun 2018 10:17 WIB

Begini Agar Kedai Kopi di RI Tak Tutup Seperti Starbucks di AS

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Halaman 1 dari 3
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Beberapa hari lalu Starbucks di Amerika Serikat (AS) mengumumkan akan menutup sekitar 150 gerai. Hal ini dilakukan lantaran mulai banyaknya restoran cepat saji yang menjual kopi dengan harga yang lebih mudah.

Di Indonesia bisnis gerai kopi memang sedang booming. Kini banyak gerai-gerai kopi yang menawarkan aneka ragam kopi khas lokal dengan konsep yang 'anak muda banget'.

Bagaimana supaya kedai kopi lokal tak seperti Starbucks di AS?

Ketua umum Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) Anton Apriyantono menjelaskan penjual kopi harus memiliki inovasi yang baik. Pasalnya saat ini prospek kopi di Indonesia masih sangat cerah.

"Prospeknya masih sangat bagus, karena penduduk Indonesia itu menyukai kopi. Jadi jangan khawatir karena masih sangat bagus," kata Anton saat dihubungi detikFinance, Kamis (21/6/2018).

Menurut dia, penjual kopi juga harus memperhatikan cita rasa, harga dan pelayanan. Anton menyebut jika ketiga hal ini sudah dijalankan maka usaha kopi ini akan berjalan lancar meskipun ada banyak pesaing.

"Persaingan pasti ada dan memang ketat, tapi ketika kita sudah memiliki cita rasa, harga yang bersaing maka usaha bisa berjalan baik. Memang tergantung inovasi yang dilakukan," ujar dia.

Anton menambahkan, saat ini selain berdagang kopi, penjual juga harus melakukan edukasi konsumen terkait kopi lokal. Karena kopi lokal memiliki kualitas yang sangat baik dan tidak kalah dari kopi impor.

Jika menggunakan kopi lokal, maka bukan tidak mungkin untuk menekan biaya operasional sehingga harga jual bisa lebih murah. "Kopi lokal itu sangat bagus, sebagai warga Indonesia kita juga harus bangga mengonsumsi kopi lokal, banyak ragamnya kok di Indonesia," ujar dia.

Klik next untuk melanjutkan

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed