Follow detikFinance
Selasa, 26 Jun 2018 18:24 WIB

Diminati Bangladesh, Apa Keunggulan Bus Made In Ungaran?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Khairul Imam Ghozali Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Bangladesh bakal mengimpor bus dari Indonesia yang diproduksi Pabrikan Karoseri CV Laksana. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 1.034 unit. Lantas, apakah bus buatan Indonesia unggul dibandingkan negara lain?

Sekjen Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo), T.Y. Subagyo mengatakan industri karoseri Indonesia memang lebih unggul dibandingkan negara tetangga.

"Dari model, kemudian kualitas, produknya itu Indonesia lebih unggul dibandingkan dari Asia Tenggara lainnya. Asia Tenggara hanya Malaysia dan Filipina. Yang lainnya belum ada," ujarnya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Selasa (26/6/2018).
Kata dia, dari sisi teknologi juga karoseri Indonesia lebih baik dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya. Ditambah pengalaman sumber daya manusia (SDM) yang ada.

"Teknologinya yang kita lebih unggul karena pengalaman ya pertama, kemudian SDM yang mungkin sudah lebih bagus ya, kita pengalaman dari tahun 80an industri karoseri," sebutnya.

Dihubungi terpisah, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto memiliki pengalaman yang cukup banyak sehingga mampu bersaing dengan nagara lain.
Kata dia dari segi harga, produk karoseri Indonesia juga mampu bersaing dengan negara lain.

"Ya pengalaman kita cukup banyak lah di karoseri. Artinya sudah sekian lama kita memproduksi kendaraan bus dan cukup reliable, dan dari sisi harga kita sangat kompetitif dibandingkan mungkin dari negara lain," katanya saat dihubungi detikFinance. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed