Follow detikFinance
Kamis, 28 Jun 2018 10:15 WIB

Pemerintah Masih Galau Soal Definisi Mobil Listrik

Trio Hamdani - detikFinance
Kendaraan Listrik (Foto: Mindra Purnomo) Kendaraan Listrik (Foto: Mindra Purnomo)
Jakarta - Pemerintah saat ini sedang merampungkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai mobil listrik. Lantas sudah sejauh mana progresnya?

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Putu Juli Ardika menyampaikan saat ini pihaknya masih menggodok soal definisi mobil listrik yang akan dituangkan ke perpres.

"Kalau yang masih digodok itu sebenarnya kan melihat kembali definisi kendaraan listrik itu. Secara definisi agak berbeda, itu kan perlu disikapi," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (28/6/2018).


Definisi mobil listrik pun disebutnya bisa merujuk ke beberapa jenis, mulai dari mobil listrik hybrid, hingga mobil yang komponen bahan bakarnya sudah full battery.

"Kalau yang dari sisi Kemenperin sesuai dengan roadmap-nya itu kan yang mobil listrik itu termasuk hybrid, full battery dan sebagainya," sebut dia.

Saat ini pun sedang dipertimbangkan, defisini mobil listrik yang seperti apa yang akan dimasukkan ke dalam rancangan perpres?

"Nah itu sedang didiskusikan. Sedang dipertimbangkan seperti apa. Itu sedang dicari kompromi-komprominya, kan beda definisi beda ke bawahnya. Ini sedang dicari kompromi-komprominya. Itu proses yang sedang dikerjakan sekarang," jelasnya.


Kata dia, Kementerian Koordinator Kemaritiman sebelumnya meminta Kemenperin untuk melihat kembali rancangan perpres yang sedang digodok. Saat ini sedang dibahas intensif.

"Untuk mobil listrik, untuk rancangan perpresnya itu kan hasil rapat di Menko (Kemaritiman), Kemenperin diminta untuk melihat kembali. Sudah dari akhir Mei masuk ke Juni sudah dari sana intens sekali rapat rapatnya. Itu sekarang memang sudah banyak mendapat masukan dan sedang diformulasikan," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed