Follow detikFinance
Rabu, 04 Jul 2018 08:43 WIB

2019 Produksi, Mobil 'Ndeso' Dites Naik Bukit Hingga Masuk Kali

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dok. Kemenperin. Foto: Dok. Kemenperin.
Jakarta - Mobil pedesaan bakal diproduksi massal pada 2019 mendatang. Mobil ini dibuat untuk mendukung mekanisasi kegiatan usaha di desa, khususnya pertanian. Lantas, bagaimana perkembangannya?

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto menyampaikan saat ini mobil desa sedang diuji coba beroperasi. Uji coba dilakukan di medan-medan yang sulit, mulai naik bukit hingga menyusuri kali.

"Itu sudah naik ke bukit-bukit, masuk ke kali dan sebagainya, karena kan enggak kepengin juga barang itu sampai di lapangan (bermasalah)," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Mobil 'ndeso' yang diproduksi melalui PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) ini juga diuji coba untuk dicarikan solusi jika ternyata masih ditemukan kendala dalam operasinya.


"Nah itu ada solusi solusinya. Kan kalau di desa desa itu seperti apa. Nah kita tambahkan filter segala macam sehingga produk itu benar benar reliable (bisa diandalkan)," ujarnya.

Setelah uji coba, mobil desa diharapkan memiliki performa yang baik dan optimal dalam menunjang mekanisasi kegiatan usaha di desa.

"Sekarang sudah diujicoba di Bogor sana untuk bisa melihat performa kendaraan itu, karena kalau kita kembangkan suatu produk tentunya harus pastikan barang itu tidak mempunyai masalah di lapangan," tuturnya.


Namun, secara teknis rencana produksi massal mobil desa tahun depan sudah hampir rampung. Hanya saja dia belum bisa memastikan kapan ujicoba selesai.

"Ya sampai saat ini mereka intinya kan secara teknis pengembangan industri mobil pedesaan ini kan hampir rampung technicality-nya, sudah dikaji," tambahnya.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed