Follow detikFinance
Rabu, 04 Jul 2018 12:08 WIB

Pakai Komponen Lokal, Mobil 'Ndeso'; Bisa Dijual Rp 60 Juta

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Dina Rayanti Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto ingin agar mobil desa yang diproduksi melalui PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) ini bisa dibanderol Rp 60-70 juta.

"Ya kita berharap harganya terjangkau lah di bawah Rp 60-70 juta lah supaya itu bisa affordable (terjangkau) buat banyak orang. Makanya kita menggunakan komponen dalam negeri," katanya kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Sejauh ini, KMWI merespons positif keinginan Kemenperin agar mobil desa dijual di kisaran harga tersebut. Apalagi saat ini ada 70 vendor lokal yang siap membantu memasok apa yang dibutuhkan.


"Kita sudah kumpulkan kurang lebih 70 lebih vendor lokal. Itu kan menggunakan bahan baku lokal semua, kemudian juga berpartisipasi termasuk IKM (Industri Kecil Menengah) yang bisa menjadi bagian daripada pengembangan," ujarnya.

Dengan harga terjangkau diharapkan mobil desa mampu dibeli oleh pelaku usaha di pedesaan. Menurutnya, pelaku usaha di desa pun menunggu keberadaan mobil desa.

"Jadi mereka melihat bahwa dari desa itu angkut barang susah, melakukan proses di lapangan susah dan sebagainya. Dengan adanya ini, ini bisa menjadi salah satu alat yang bisa dimanfaatkan di pedesaan," terangnya.



"Karena kan desa kan jalannya berlumpur, sempit, segala macam. Nah ini tidak ada infrastruktur, (mobil desa) ini bisa jadi alternatif untuk melakukan mekanisasi di pedesaan," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed