Follow detikFinance
Senin, 09 Jul 2018 20:25 WIB

Kopi Garut Tembus Pasar Taiwan

Hakim Ghani - detikFinance
Foto: Hakim Ghani/detikcom Foto: Hakim Ghani/detikcom
Garut - Produsen kopi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk pertama kalinya mengekspor kopi ke Taiwan. Kopi yang diekspor merupakan kopi Garut jenis arabika.

Mahkota Java Coffe, produsen kopi Garut pertama yang berhasil mengekspor kopi Garut. Ekspor dilakukan secara seremonial dan dilepas langsung Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Senin (09/07/2018) sore di markas Mahkota Java Coffee, Jalan Raya Bayongbong-Garut, Kecamatan Bayongbong.

"Alhamdulillah kita ekspor kopi asli Garut ini ke Taiwan. Ini baru pertama kali," ujar Heri Yuniardi, pemilik Mahkota Java Coffee.


Kopi arabika yang diekspor pertama ini sekitar 15 ton. Heri mengatakan, peminat kopi arabika Garut di luar negeri cukup banyak. Kopi yang diekspor hasil produksi para petani yang terhimpun dalam kelompok petani Kopi Asli Urang Garut (Kasuga).

"Ada perusahaan yang minta (ekspor). Pertama dites dulu cita rasanya, ternyata cocok," kata Heri.

Kopi Garut memang belum terlalu terkenal seperti kopi-kopi asal Indonesia lainnya seperti kopi Toraja, kopi Lampung dan kopi Gayo. Namun, Heri menjelaskan cita rasa khas menjadi keunggulan kopi arabika dari Garut.


"Taste lebih smooth," katanya.

"Kopi yang diekspor berbentuk green bean (kopi mentah) yang dalam mata rantai kualitas kopi (yang diekspor) itu adalah arabika grade satu," ucap Heri menambahkan.


Setelah ekspor kopi Garut ke Taiwan, dia berharap agar kiprah kopi Garut bisa terus mendunia.

"Sudah saatnya kopi Garut bermain di pasar internasional," ujar Heri. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed