Follow detikFinance
Senin, 16 Jul 2018 12:15 WIB

Darmin Promosi Kualitas Produk Sawit RI ke Pengusaha India

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Selfie Miftahul Jannah Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menggelar pertemuan dengan pengusaha minyak nabati India yang tergabung dalam Solvent Extractor's Association of India (SEA). Materi yang dibahas tentang tarif bea masuk produk kelapa sawit.

India merupakan salah satu negara importir sawit Indonesia, dan negara itu menaikkan tarif bea masuk sawit menjadi dan produk turunan sawit. Menurut Darmin saat ini pemerintah India telah menaikkan tarif bea masuk sawit menjadi 44%.


"Tentu ada pengaruhnya. Iya buat kita ada pengaruhnya harga palm, minyak goreng dari palm oil kita mulai naik harganya di sana (India) tentu saja ada pengaruhnya," katanya di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Darmin mengatakan pertemuan sekaligus menjelaskan kualitas kelapa sawit yang diekspor ke India, termasuk produk turunannya.

"Ada kesan bahwa oh sebenarnya dari segi kualitas mutu kalah (kelapa sawit Indonesia) dengan minyak yang lain. Ada kesan itu, padahal nggak ada. Mutu kelapa sawit produktivitas lebih tinggi daripada yang lain jauh lebih tinggi. Akibatnya memang lebih murah jadi kita ingin kerja sama dengan asosiasinya agar ada program kerja sama untuk mensosialisasikan bahwa harga lebih murah itu bukan karena bukan ada kualitas lebih rendah karena memang produktivitasnya lebih tinggi," kata Darmin.



Sekadar informasi, India menaikkan tarif bea masuk minyak sawit sebesar 44% dan produk turunannya sebesar 54%. Hal itu menyusul adanya defisit perdagangan yang cukup besar dengan Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor non-migas tahun 2017 ke India tercatat US$ 13,94 miliar sedangkan impor non-migas terbilang di angka US$ 3,7 miliar. Artinya, Indonesia mengalami surplus perdagangan sebesar US$ 10,24 miliar. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed