Follow detikFinance
Selasa, 24 Jul 2018 13:06 WIB

'Iron Man' Mulai Kehabisan Uang?

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Foto: Internet Foto: Internet
New York - Bisakah seorang miliuner atau perusahaannya kehabisan uang tiba-tiba? Bisa-bisa saja, itu bukan hal yang mustahil.

Tesla, perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk, dikabarkan sedang kekurangan uang. Pria berjuluk 'Iron Man' dunia nyata itu mengakui hal tersebut lewat media sosial Twitter.

Tak lama setelah kicauan Musk di Twitter, saham Tesla langsung anjlok 3%. Sebelumnya seperti dikutip CNN dari dari The Wall Street Journal, Tesla diberitakan sedang meminta pengembalian sebagian dana dari beberapa pemasoknya.

Sebagian dana yang diminta ke para pemasoknya ini akan digunakan Tesla untuk meningkatkan produksi. Dalam tiga bulan terakhir, Tesla sudah 'bakar duit' US$ 700 juta (Rp 10 triliun).

Alhasil cadangan kasnya langsung merosot 20%. Banyak analis menilai Tesla harus lebih banyak menjual mobil supaya keuangannya kembali sehat.

Musk tidak terima atas masukan ini. Menurutnya, Tesla baik-baik saja dan akan mencatat laba di triwulan ini dan selanjutnya hingga akhir tahun.


CNN juga mengutip memo yang disampaikan Manajer Tesla kepada para pemasoknya. Isinya adalah permohonan bantuan kepada para pemasok supaya Tesla bisa mencetak laba.

Musk sendiri tidak menampik perihal perusahaannya meminta bantuan para pemasok tersebut. Hal itu ia sampaikan dalam kicauannya di Twitter.

Juru bicara Tesla mengaku kurang dari 10 pemasok yang dikirimi surat oleh Tesla, terutama yang terlibat dalam proyek jangka panjang sejak 2016.

Tambahan uang yang dikembalikan pemasok ini akan digunakan untuk menambah volume produksi. Namun menurutnya, Tesla tetap akan mencatat laba meski tanpa bantuan dari pemasok tersebut.

"Kami sekarang dalam posisi yang kuat dengan produksi Model 3 yang ditingkatkan. Sekarang waktu yang tepat untuk menggenjot kompetisi di area ini. Kami fokus mencari pembiayaan jangka panjang berkelanjutan, bukan hanya untuk kepentingan kuartal ini saja," kata juru bicara Tesla.

Juni lalu Tesla akhirnya memproduksi Model 3, mobil listrik yang harganya makin terjangkau, berbeda dengan model sebelumnya yang harganya masih tinggi.


Banyak analis menyarankan Musk cuti dulu dari dunia maya, sebab kicauannya bisa langsung mempengaruhi harga saham perusahaan.

Bulan lalu Musk menyerang para jurnalis yang mengkritik Tesla via Twitter. Sementara dua pekan lalu Musk juga marah-marah gara kapal selam mininya tidak dipakai untuk menyelamatkan 12 anak yang terjebak dalam gua di Thailand.

Musk malah menuduh penyelam yang sudah menyelamatkan para anak kecil itu sebagai pedofilia.


Tonton juga video: 'Yihaa.. Iron Man Sapa Indonesia dan Janji Bakal Mampir!'

[Gambas:Video 20detik]

(ang/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed