Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Agu 2018 12:30 WIB

Airlangga: Mobil Desa Produksi Tahun Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Andhika Prasetia Foto: Andhika Prasetia
Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memaknai peringatan Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus ini sebagai momentum mendorong penciptaan hasil karya anak bangsa.

Airlangga mencontohkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau biasa disebut angkutan pedesaan sebagai contoh karya yang lahir dari tangan anak bangsa.

"Tentu 17 Agustus kan hari kemerdekaan, hari yang paling penting buat bangsa Indonesia. Tentu di peristiwa 17 Agustus juga kita mendorong karya karya anak bangsa," katanya usai menggelar Upacara 17 Agustus di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (17/8/2018).

"Contohnya AMMDes, alat mekanis multiguna pedesaan. Ini kan salah satu kendaraan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jadi ini sudah dilaunching dalam GIIAS dan kita akan produksi massal di tahun depan," sambungnya.


Dalam suasana 17 Agustus, Airlangga juga bicara soal upaya pemerintah menghemat devisa negara. Caranya dengan penerapan bahan bakar biodiesel campuran 20% (B20). Ini bisa mengurangi impor bahan bakar.

"Nah tentu kita akan dorong terus untuk industri substitusi impor dan juga untuk melakukan penghematan devisa. Salah satunya penerapan B20. Kan juga mengandalkan manufaktur atau industri pengolahan dalam negeri," ujarnya.


Hal itu, selain menghemat devisa, menurut Airlangga juga bisa menambah devisa, dan menciptakan lapangan kerja.

"Sehingga dengan adanya pengolahan di dalam negeri maka pemerintah bisa menghemat devisa, menghasilkan devisa, sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed