Follow detikFinance
Rabu, 12 Sep 2018 19:58 WIB

17 Investor Mau Bangun Pabrik Gula di RI Rp 41 T

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto: Dok Kementan) Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto: Dok Kementan)
Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan saat ini sudah ada 17 investor yang tertarik ikut membangun pabrik gula tersebut dengan nilai investasi mencapai Rp 41,44 triliun.

Adapun, pabrik gula tersebut akan dibangun di enam lokasi dengan target produktivitas mencapai 140 ton per hektar.

"Kita akan bangun di enam lokasi terletak di Bombana, Lamongan, Sumba Timur, Sumbawa, Lampung dan Ogan Komelir Ilir. Ini bisa memproduksi 140 ton per hektar," kata dia kepada detikFinance, Rabu (12/9/2018).



Lebih lanjut, Amran juga memperkirakan dengan adanya rencana pembangunan pabrik tersebut Indonesia mampu memenuhi kebutuhan gula dan berhenti mengimpor gula pada 2020

Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Bambang juga menjelaskan pembangunan pabrik tersebut menjadi salah satu langkah mendorong produksi gula dalam negeri.

"Tahun lalu kan 2,2 juta ton targetnya sekarang 3,8 juta ton. Nah ini peningkatan produksi salah satu caranya dengan bangun pabrik gula," jelas Bambang.



Bambang memaparkan, saat ini pembangunan pabrik baru memasuki tahap penanaman benih di kebun tebu.

"Belum dibangun. Sekarang baru pembenihan di kebun tebu. Jadi kalau sepanjang kebutuhan air, pupuk dan bibit yang bagus dipenuhi bisa produktivitasnya meningkat," pungkas dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed