Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Nov 2018 10:16 WIB

Jokowi Panggil Produsen Motor Listrik Gesits ke Istana

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Motor listrik Gesits di Istana Negara/Foto: Hendra Kusuma-detikFinance Foto: Motor listrik Gesits di Istana Negara/Foto: Hendra Kusuma-detikFinance
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini memanggil orang-orang yang terlibat dalam produksi sepeda motor listrik gesits ke Istana Presiden.

Pertemuan berlangsung pada pukul 09.30 WIB di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Audiensi itu pun akan membahas mengenai persiapan produksi massal sepeda motor listrik gesits.

Dapat diketahui, motor listrik nasional Garansindo Electric Scooter ITS atau Gesits dijadwalkan meluncur pada bulan September tahun ini. Namun, sampai sekarang belum juga ada pengumumannya.

Seperti halnya mobil desa, motor ini juga akan diluncurkan Presiden Joko Widodo. Hal itu diungkapkan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir saat membuka Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS 31) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (30/8/2018).


Nasir mengatakan bahwa pabrik yang memproduksi motor Gesits sudah siap dan hanya tinggal menunggu peluncuran. Dengan motor listrik maka akan didapatkan penghematan yang signifikan dibandingkan menggunakan motor bensin. Selain hemat juga bisa menekan polusi udara.

Untuk pengisian baterai, nanti akan diterapkan dengan cara ditukar seperti yang diberlakukan pada tabung gas elpiji. Baterai untuk motor Gesits akan diproduksi secara pabrikan dan sudah ada pabrik yang bersedia memproduksinya. Pihaknya juga telah melakukan pembicaraan dengan pihak Pertamina terkait terminal pengisian agar tersedia di SPBU-SPBU. Modelnya dengan cara penukaran seperti menukarkan tabung gas elpiji.




Tonton juga 'Membedah Si 'Gesits', Motor Listrik Karya Anak Bangsa':

[Gambas:Video 20detik]

(hek/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed