Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 08 Des 2018 18:16 WIB

Pabrik Kereta Terbesar RI Mulai Produksi Awal 2020

Ardian Fanani - detikFinance
Foto: Sugeng Haryanto Foto: Sugeng Haryanto
Banyuwangi - Pabrik kereta terbesar di Indonesia akan dibangun pertengahan Desember 2018. Pabrik yang berlokasi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini akan beroperasi pada awal tahun 2020.

"Targetnya pabrik dapat beroperasi pada awal 2020," kata Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro, di Banyuwangi seperti ditulis, Sabtu (8/12/2018).

Pabrik ini menjadi terbesar karena dibangun pada lahan seluas 83 hektar. Sementara, pabrik kereta INKA di Madiun yang ada saat ini hanya seluas 22 hektar.

Pabrik baru tersebut juga akan memproduksi kereta lebih banyak yakni 3 gerbong sehari, atau lebih banyak dari pabrik yang ada saat ini sebanyak 1 gerbong.


Pembangunan pabrik akan menelan dana sebanyak Rp 1,6 triliun. Saat ini, tengah berlangsung pemilihan kontraktor pembangunan.

"Saat ini kami sedang proses teknis penunjukan kontraktor pelaksana pembangunan. Ya kurang-lebih seminggu ke depan selesai," kata Budi.


Lebih lanjut, pabrik ini memiliki lokasi strategis karena berdekatan dengan pelabuhan. Sehingga, memudahkan pengiriman ke luar negeri.

"Lokasi pabrik ini sangat strategis. Dekat dengan Pelabuhan Tanjung Wangi yang dikelola PT Pelindo III, lebih menyingkat waktu pengiriman ke luar negeri," ujarnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed