Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 17:32 WIB

JK Sebut Robot Tak Melulu Gusur Lapangan Kerja

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Wapres Jusuf Kalla (JK). (Noval-detikcom) Foto: Wapres Jusuf Kalla (JK). (Noval-detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan bahwa era digitalisasi tidak melulu menghilangkan banyak lapangan kerja. Menurut dia digitalisasi juga membuka lapangan kerja baru.

Era digital sering dikaitkan dengan robotisasi. Di mana, beberapa pekerjaan konvensional bisa digantikan peranannya oleh robot atau mesin.

"Apabila semuanya automation robotic, siapa yang berpendapatan? Karena robot tidak membeli baju, tidak membeli mobil, tidak perlu ke restoran," kata JK saat acara Kuliah Umum Wakil Presiden dengan tema Indonesia and The World: Future Trajectory, Opportunity and Challenges di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

"Tapi tentu ini menimbulkan lapangan kerja baru," tambah dia.



Menimbulkan lapangan kerja baru, kata JK, adalah seperti halnya warung telepon (wartel) menjamur di Indonesia. Saat kemunculan telepon genggam (HP) banyak wartel tutup namun banyak pula bermuncula toko pulsa.

Intinya, kata JK, setiap perubahan yang terjadi harus diimbangi dengan inovasi dan rasa kreativitaa yang tiggi. Sehingga, perubahan teknologi bisa dijadikan peluang membuka sebuah lapangan kerja baru.

"Jadi kita harus intinya berinovasi. Inovasi kepada hal yang baru yang diakibatkan perubahan perubahan teknologi," ujar dia.


JK Sebut Robot Tak Melulu Gusur Lapangan Kerja
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Insight With Desi Anwar
Insight With Desi Anwar Selengkapnya