Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 20 Jan 2019 18:44 WIB

Pangkas Biaya Produksi, Tesla PHK Ribuan Karyawan

Saifan Zaking - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Perusahaan mobil listrik Tesla Inc akan memangkas ribuan pekerja untuk mengendalikan biaya pengeluaran. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan produksi mobil sedan mereka yang bernama Model 3.

Chief Executive Officer Elon Musk mengatakan biaya produksi Model 3 yang saat ini kecil akan bertambah besar pada bulan Juli. Hal itu terjadi ketika kredit pajak AS yang menurun.

Penghapusan pajak kendaraan listrik secara bertahap membuat Tesla menghadapi dua pilihan, yaitu menaikkan harga dengan risiko kehilangan pelanggan atau memotong biaya produksi perusahaan.


Musk mengatakan pada hari Jumat (18/1/2019), Tesla akan memberikan harga yang terjangkau untuk Model 3 pada bulan Mei mendatang. Perusahaan melakukan hal tersebut dikarenakan untuk menjangkau lebih banyak pembeli baru.

Michelle Krebs, analis eksekutif Autotrader mengatakan, tahun ini akan menjadi tantangan bagi semua perusahaan otomotif. Ia juga memperkirakan penjualan kendaraan baru akan mengalami perlambatan.

"Ini akan sangat menantang bagi Tesla yang berusaha keras untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan per kuartal, apalagi setelah berhasil untung di kuartal ketiga, dengan begitu mereka akan
menghadapi gempuran dari para pesaing dalam beberapa tahun mendatang,"
katanya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed