Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 04 Feb 2019 15:45 WIB

Gula Impor Rembes ke Pasar di Banten hingga Sulsel

Trio Hamdani - detikFinance
Polda Metro Jaya Gagalkan Penggelapan 60 Ton Gula RafinasiFoto: Agung Pambudhy Polda Metro Jaya Gagalkan Penggelapan 60 Ton Gula RafinasiFoto: Agung Pambudhy
Jakarta - Ombudsman menemukan gula rafinasi impor untuk industri rembes ke pasar. Anggota Ombudsman Ahmad Alamsyah Saragih mengatakan, pihaknya sudah melakukan investigasi ke beberapa titik.

Menurut Ahmad gula impor yang rembes itu tersebar di beberapa lokasi.


"Di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan. Pakai barcode ya di situ kan, tiba tiba kok masuk ke pasar, padahal kan itu untuk industri," Ahmad saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (4/1/2019).

Ahmad mengaku tidak menghitung berapa total gula impor untuk industri yang bocor ke pasar, tapi hanya melakukan investigasi untuk membuktikan gula impor rembes di pasar.


"Kita nggak bisa melakukan identifikasi jumlah ya. Kita cuma lihat berapa titik tempat yang kita investigasi itu ada, terutama yang kita telusuri dari berapa pabrik gula rafinasinya itu," jelasnya.

Menurutnya untuk mengetahui pasti jumlah gula impor tersebut harus diselidiki secara serius.


"Kalau besarnya kita nggak bisa karena kan itu harus dilacak dengan serius ya. Bagi kita kan bukan soal itunya (jumlahnya). Kita mau perketat supaya berkurang (rembesan gula rafinasi impor yang masuk pasar)," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed