Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Feb 2019 09:45 WIB

Sri Mulyani dan Airlangga Kumpul Bareng Pengusaha Bahas Industri 4.0

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Eduardo Simorangkir Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Menghadapi tantangan iklim bisnis di tengah kemajuan teknologi industri revolusi 4.0, daya saing industri pun harus ditingkatkan. Untuk itu, Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia mengundang beberapa perwakilan pemerintah, marketplace e-commerce, dan beberapa pegiat usaha untuk mengadakan diskusi Kadin Entrepreneurship Forum 2019 yang bertema Boosting Indonesia's Entrepreneurial in Disruptive Economy Era.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang juga diundang di dalam acara ini mengatakan bahwa revolusi industri membawa perubahan secara cepat. Hal ini dapat memberikan pilihan baru bagi produsen maupun konsumen.

"Revolusi industri membawa perubahan secara cepat, mulai otomatisasi, Internet of Things, big data, maupun Artificial Intelligence. Semua memberikan opsi baru bagi para pengusaha dan konsumen untuk menentukan pilihannya, dulu hal ini tidak dipertimbangkan, sekarang harus diperhatikan," ungkap Sri Mulyani saat memberikan keynote speech, di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).


Karena hal tersebut menurutnya, pengusaha pun dihadapkan ke dua pertanyaan ke arah mana perubahan itu harus dilakukan atau bahkan tak perlu meladeninya.

"Pelaku bisnis dihadapkan pada situasi apakah saya harus berubah atau tidak, dan harus berubah seperti apa?," ungkapnya.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani pun menegaskan bahwa revolusi industri juga menumbuhkan peluang. Terlebih lagi peluang tersebut menurutnya sudah berhasil dimanfaatkan banyak anak muda di Indonesia.


"Kalau kita lihat anak muda sekarang, banyak yang jeli melihat peluang usaha. Mereka tidak hanya mereka mampu memanfaatkan digital ekonomi yang begitu cepat tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan dan mendatangkan investasi," ungkap Rosan.

Acara ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Sekitar ratusan tamu hadir memenuhi seluruh kursi yang disediakan. Selain Sri Mulyani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pun direncanakan menghadiri acara ini. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com