Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Mar 2019 20:18 WIB

Alasan Garuda Batalkan Pesanan Boeing 737 MAX 8

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Sebanyak 49 dari total 50 unit pesawat Boeing 737 MAX 8 batal dipesan oleh Garuda Indonesia. Demikian disampaikan secara tegas oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. Apa alasannya?

Ari menjelaskan, sebenarnya maskapai yang dipimpinnya masih menaruh kepercayaan pada Boeing 737 MAX 8 mengingat perusahaan telah berpengalaman dengan produk Boeing seri sebelumnya.

"Sebetulnya, kami yakin dengan produk Boeing MAX 8 dan karena memang garuda pengguna Boeing dari dulu dari awal," ungkap Ari saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (21/3/2019).


Namun, pihaknya tak bisa mempertahankan pesanan Boeing 737 MAX 8 lantaran penumpang Garuda Indonesia telah kehilangan kepercayaan terhadap pesawat produksi Amerika Serikat itu. Perusahaan tak bisa ambil risiko kehilangan penumpang karena erat kaitannya dengan pemasukan perusahaan.

"Lost confidencenya (hilang kepercayaan) itu dari pemumpang. Penumpang itu sudah nggak mau pakai MAX 8," ungkap Ari.


Lebih jauh Ari menuturkan meskipun MAX 8 dibenahi pihak Boeing, kepercayaan penumpang pada pesawat tersebut tidak akan kembali lagi. Itulah alasan pihaknya untuk menghentikan pemesanan 49 sisa Boeing 737 MAX 8.

"Jadi meskipun mereka sudah benahi sistem MAX 8, itu confidence penumpang sudah nggak ada. Jadi kami minta itu 49 dibatalkan," tegas Ari. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com