Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Mar 2019 17:09 WIB

IKM Siap Jadi Pemasok Industri Otomotif Nasional

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikFinancr Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikFinancr
Klaten - Industri Kecil dan Menengah (IKM) Indonesia mulai masuk ke dalam rantai pasok industri otomotif nasional. Meski diproduksi IKM, onderdil untuk industri otomotif tersebut dipastikan sudah berstandar global.

Keberhasilan IKM tersebut diluncurkan dalam Kick Off IKM dalam Rantai Pasok Industri Otomotif. Peluncuran dilakukan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Koperasi Batur Jaya (KBJ) di Ceper, Kabupaten Klaten, Jumat (22/3/2019).

KBJ merupakan salah satu pemasok cylinder sleeve yang digunakan untuk memproduksi piston ring. Sebanyak 200 cylinder sleeve yang diproduksi KBJ dipasok tiap bulan ke PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Airlangga mengatakan TMMIN telah melakukan pendampingan kepada KBJ sejak 2016. Pendampingan dilakukan agar kualitas produksinya dapat sesuai standar.


"Dulu saya lihat pengecoran itu tidak pakai topi, kacamata dan sepatu. Tapi sekarang sudah rapi berkat pendampingnya dari Toyota," kata Airlangga.

Menurutnya, sektor alat angkutan memberikan kontribusi sebesar 1,86 persen terhadap PDB nasional 2018. Dengan kapasitas produksi industri otomotif 2,2 juta unit, IKM memiliki kesempatan lebih besar masuk dalam rantai pasok.

"Sektor ini memang terus berkembang dan menjadi andalan dalam industri 4.0. Kita berharap IKM kebagian pekerjaan," tuturnya.

Selain KBJ di Klaten, terdapat delapan sentra logam lainnya yang difokuskan menjadi pemasok untuk industri otomotif. Yakni di Tegal, Yogyakarta, Sukabumi, Purbalingga, Semarang, Pasuruan, Sidoarjo dan Jabodetabek.

Sementara itu, Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, mengatakan kesuksesan ini melalui proses panjang. TMMIN fokus melakukan pembinaan di tiga hal.

"Yaitu penguatan fondasi struktur industri, pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter industri dan pengawasan kualitas," katanya.


Dalam proses tersebut, TMMIN juga mendonasikan lima mesin produksi, yaitu spectrometer, core making, moulding, small NC milling dan small Milling2 kepada KBJ.

"Industri otomotif yang kompetitif membutuhkan rantai pasok yang kuat, makanya kami ingin ikut mengembangkan IKM agar dapat menjadi pemasok industri otomotif," tutupnya.

IKM Siap Jadi Pemasok Industri Otomotif Nasional
(bai/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com