Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Mar 2019 18:23 WIB

Mesin Canggih Ini Bisa Buat Lubang Kancing Dalam Waktu 10 Detik

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Lubang kancing mungkin terdengar sebagai hal yang sepele untuk dibuat. Nyatanya membuat lubang kancing pada pakaian membutuhkan proses yang cukup sulit dan butuh ketelitian.

Namun tak perlu khawatir, saat ini sudah ada mesin jahit yang mampu membuat lubang kancing di pakaian dalam waktu hanya 10 detik. Mesin tersebut dipamerkan dalam acara Indo Intertax 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta oleh perusahaan asal China bernama Supreme.

Menurut salah satu petugas mekanik Supreme, Mukhlis alat ini hanya dioperasikan oleh satu orang. Namun dalam satu kali pengoperasian bisa menghasilkan dua lubang kancing.


Mesin Canggih Ini Bisa Buat Lubang Kancing Dalam Waktu 10 DetikFoto: Puti Aini Yasmin/detikFinance

Adapun mesin tersebut didesain seperti meja yang terdiri dari dua alat jahit di kanan dan kirinya. Di bagian bawah terdapat pedal untuk mengoperasikan alat jahit.

"Satu orang yang operasiin tapi ini ada dua mesin (alat jahit). Jadi sekali tekan (pedal) bisa jadi dua lubang, itu 10 detik sekali proses," kata dia saat berbincang dengan detikFinance, Kamis (28/3/2019).


Mukhlis mengungkapkan alat ini juga mudah digunakan. Sebab terdapat papan tombol di sisi kiri yang digunakan mengatur jarak serta bentuk lubang kancing.

"Mudah ini digunakan, tinggal pencet saja, atur (dari papan tombol). Jadi tinggal diam kerja sendiri alatnya," papar dia.


Sementara itu, mesin ini dijual dengan harga US$ 7.800 atau setara dengan Rp 109 juta (kurs Rp 14.000).

"Ini harganya US$ 7.800 kalau rupiahny Rp 109 juta," tutup dia.

Mesin Canggih Ini Bisa Buat Lubang Kancing Dalam Waktu 10 DetikFoto: Puti Aini Yasmin/detikFinance

Adapun, Supreme bukan satu-satunya perusahaan yang memamerkan mesin canggihnya sebab ada 600 perusahaan lainnya dari 22 negara yang berbeda turut serta dalam acara ini. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com