Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 15:12 WIB

Luhut hingga Budi Karya Resmi Luncurkan Taksi Listrik Pertama RI

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Menteri-menteri Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meluncurkan taksi berbahan bakar listrik pertama di Indonesia. Taksi tersebut bakal dioperasikan oleh Bluebird.

Menteri-menteri Jokowi yang hadir dalam seremoni peluncuran tersebut adalah Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) lgnasius Jonan.

Luhut mengatakan pemerintah mendukung keberadaan mobil listrik di Indonesia.


"Insentif kita berikan karena kita ingin mendorong mobil listrik karena dampaknya besar, saya ingin lihat Indonesia maju," kata Luhut dalam sambutannya, Senin (22/4/2019).

Armada yang digunakan untuk melayani penumpang Bluebird dan Silverbird adalah BYD e6 A/T dan Tesla Model X 75D Afr. Layanan taksi listrik ini mulai tersedia untuk melayani masyarakat per Mei 2019.

Pihaknya menargetkan sebanyak 200 taksi listrik bakal dioperasi oleh Bluebird hingga 2020. Itu bakal berkontribusi untuk mengurangi emisi CO2 sebanyak 434,095 kg atau konsumsi BBM sebanyak 1.898.182 liter.



Sementara itu, Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo mengatakan apa yang dilakukan hari ini merupakan upaya mendorong lebih banyak kendaraan umum berbahan bakar listrik di Indonesia.

"Ini langkah awal, yang kami harapkan bisa menjadi katalis hijau transportasi publik. Kami terbuka untuk kerjasama platfom ini," tambahnya.


Simak Juga 'Aturan Baru Taksi Online Berlaku Juni 2019':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com