Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Apr 2019 15:09 WIB

Produk Fesyen hingga Kosmetik akan Ramaikan Kawasan Industri Halal

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kawasan industri di Tangerang/Foto: Dikhy Sasra Kawasan industri di Tangerang/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Pemerintah sedang menyiapkan kawasan khusus industri halal. Salah satunya ada di kawasan Modern Cikande di Serang, Banten.

Direktur Perwilayahan Industri Direktorat Jenderal Ketahanan Perwilayahan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, Ignatius Warsito memproyeksikan setidaknya ada empat sektor yang kemungkinan mengisi kawasan khusus industri halal ini.

"Sudah siap, (industrinya) ya itu kan bertahap ada sektor mamin (makanan dan minuman), fashion, kosmetik terus produk farmasi. Itu bertahap sesuai dengan industri yang mau ikut, saya yakin sih mereka mau ikut banyak," kata Ignatius, waktu dihubungi detikFinance, Selasa (23/4/2019).


Ignatius menyatakan optimismenya dalam menjaring industri-industri untuk masuk ke dalam kawasan khusus halal ini. Terlebih menurutnya, tren produk halal sedang bagus.

"Saya sih yakin bakal banyak yang mau ikut apalagi trennya (industri halal) memang bagus," kata Ignatius.

Bukan hanya industrinya saja, di dalam kawasan ini nantinya menurut Ignasius akan ada banyak kawasan pendukung industri halal. Mulai dari kantor sertifikasi halal hingga transportasi yang juga halal.


"Nanti seperti pelayanan sertifikasi halal bisa one stop service di sana, dia punya laboratoriumnya, tenaga verifikasinya. Jadi kita kembangkan bukan hanya industrinya saja, sampai transportnya, misal logistik dan transport halalnya juga," jelas Ignatius.

Untuk informasi, kawasan industri khusus halal ini masih belum bisa diresmikan. Menurut Ignasius, pihaknya sedang menunggu peraturan pemerintah mengenai jaminan produk halal (PP JPH) yang merupakan turunan dari UU JPH dari Kementerian Agama (Kemenag) ditandatangani presiden.


Tonton video Menengok Halal Park Pertama di Indonesia:

[Gambas:Video 20detik]


Produk Fesyen hingga Kosmetik akan Ramaikan Kawasan Industri Halal
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed