Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Apr 2019 14:19 WIB

Perusahaan Prancis Gandeng Wika Produksi Rangka Baja di Tangerang

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Kerja Sama Produksi Girder (Puti Aini Yasmin/detikFinance) Foto: Kerja Sama Produksi Girder (Puti Aini Yasmin/detikFinance)
Tangerang - Perusahaan asal Prancis PT Matiere Bridge Building Indonesia menggandeng anak usaha Wijaya Karya (Wika), PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKON) untuk memproduksi rangka baja atau girder di pabrik milik WIKON di Balaraja, Tangerang.

Kerja sama ini dilakukan dengan melakukan penandatanganan MoU oleh Direktur Utama WIKON Koko Cahyo Kuncoro dan Kepala Direktur Asia Tenggara Matiere Paul Antoine Nicolaudie. Penandatanganan ini juga disaksikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Duta Besar Perancis M Jean-Charles, serta Direktur Operasi PT Wijaya Karya Agung Budi Waskito.

Menurut Agung penandatanganan MoU ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama Indonesia dengan Prancis di tahun 2017. Matiere pun mempercayai Wikon untuk memproduksi produk girder dengan nama Unibridge yang merupakan hak paten dari Matiere.

"Produk pertama kali ini mengawali Wika Konstruksi ekspor ke asia Tenggara dan dunia luar sebagai perushaan konstruksi baja di Asia Tenggara," ungkap dia dalam sambutan di pabrik Wikon, Balaraja, Tangerang, Rabu (24/4/2019).


Produk girder ini berbeda dari yang biasa. Sebab, girder memiliki desain sambungan pin sehingga bisa memudahkan pemasangan dibandingkan harus girder konvensional yang menggunakan las.

Senada dengan itu, Basuki juga mendukung kerja sama ini karena hampir 100% bahan materian pembuatan girder berasal dari dalam negeri. Sedangkan sisanya sebesar 10% masih impor.

"Pertama selamat, sekali lagi selamat dari segi konten hampir 100% dan yang 10% mungkin (ekspor karena) teknologinya tapi 90% dari Indonesia," tutup dia.

Sementara itu, produk girder ini sebelumnya sudah pernah diproduksi oleh Wikon bekerjasama dengan Matiere dan digunakan pada proyek flyover di Teluk Lamong, Jawa Timur.

Perusahaan Prancis Gandeng Wika Produksi Rangka Baja di Tangerang
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com