Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 21:00 WIB

Rusuh 22 Mei Bisa Diatasi, Menperin: Pasar Respons Positif

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto/Foto: Dok. Kementerian Perindustrian Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto/Foto: Dok. Kementerian Perindustrian
Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyayangkan kerusuhan yang terjadi pada 22 Mei 2019. Sebab, kerusuhan ini menimbulkan kerusakan dan korban.

Meski begitu, Airlangga mengapresiasi kejadian tersebut mampu diamankan oleh aparat keamanan dengan baik. Sehingga, pasar modal dan keuangan tetap memberi respon dengan positif.

"Tentu 22 Mei itu partai politik prihatin dan berduka dengan adanya korban. Namun, kita apresiasi kerja polisi yang menjaga ketertiban secara profesional," ujarnya usai acara buka puasa dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

"Tentunya kejadian sangat disayangkan, tapi dengan diselesaikan secara baik oleh polisi dan aparat TNI, hari ini pasar merespons positif, baik itu pasar modal maupun pasar keuangan," sambungnya.


Dia menambahkan, kejadian ini tak akan mengganggu investasi. Baginya, kejadian ini 'kejutan' dalam demokrasi.

"Investasi Insya Allah tidak terganggu karena ini kita sebut hiccup dalam demokrasi. Tentu kita sayangkan pemilu sudah berjalan dengan baik, pemilu paling besar dan kompleks di dunia tapi pada akhirnya menjadi masalah pada saat perhitungan suara," jelasnya.

Selanjutnya, dia berharap, perekonomian akan segera kembali pulih.

"Aktivitas perekonomian terganggu di Jakarta itu sudah pasti dan kami sangat menyayangkan itu Pasar Tanah Abang yang biasanya panen menjelang hari raya terganggu beberapa saat. Harapannya ini aktivitas perekonomian rakyat bisa kembali," tutupnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com