Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Jun 2019 13:17 WIB

Bangun Pabrik di Karawang, Perusahaan Jepang hingga China Rogoh Rp 1,4 T

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani - detikFinance Foto: Trio Hamdani - detikFinance
Karawang - Sebanyak 6 perusahaan asal Jepang hingga China resmi membangun fasilitas industri di kawasan industri Karawang New Industry City, Jawa Barat. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ikut meresmikan pembangunan atau groundbreaking yang berlangsung hari ini.

Airlangga menyebutkan nilai investasi yang digelontorkan oleh perusahaan-perusahaan ini mencapai US$ 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun (kurs Rp 14.000/US$).

"Kepada 6 perusahaan yang investasi juga akumulasinya sekitar Us$ 100 juta," kata Airlangga dalam sambutannya, Kamis (20/6/2019).

Mereka adalahadalah PT Wonderful Food International (China), PT Binamitra Kwartasedaya (Indonesia), PT Ikimura Indotools Center (Jepang), PT Wook Global Technology (China), PT Brightgene Biomedical Indonesia (Taiwan dan Indonesia), serta PT Ruiyuan (China).


Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di berbagai sektor, mulai dari pembuatan permen, komponen otomotif, e-commerce, bio-medis, hingga rekayasa konstruksi dan pengembang real estat.

Kawasan industri tersebut memegang Izin Usaha Kawasan Industri seluas 204,8 hektare, dilengkapi kantor pengelola serta sarana dan dprasarana seperti jalan, jaringan listrik, dan sarana pendukung lainnya.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, saat ini sudah ada 90 kawasan industri yang beroperasi di Indonesia. Mayoritas berada di Jawa Barat.


Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan jumlah kawasan industri terbanyak, yaitu lebih dari 25 Kawasan Industri. Diharapkan kawasan industri ini bisa mendorong terciptanya lapangan pekerjaan.


Tonton video Pabrik Teh di Sukabumi yang Terbakar Bangunan Sejarah:

[Gambas:Video 20detik]


Bangun Pabrik di Karawang, Perusahaan Jepang hingga China Rogoh Rp 1,4 T
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed