Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Jul 2019 16:18 WIB

Modal Printer 3D Bisa Bisnis Custom Action Figure hingga Kaki Palsu

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Pameran Mainan Anak di JIExpo, (Vadhia Lidyana/detikFinance) Foto: Pameran Mainan Anak di JIExpo, (Vadhia Lidyana/detikFinance)
Jakarta - Di pameran mainan JIExpo, ada mesin pencetak tiga dimensi atau 3D printer yang bisa membuat berbagai macam mainan, aksesoris seperti tas, spare part, patung, dan juga alat medis seperti kaki dan tangan palsu.

"3D printer ini bisa bikin macam-macam. Mainan seperti ini bisa, aksesoris seperti tas, alat medis ini, kaki dan tangan palsu. Atau pun spare-part mesin juga bisa," tutur CEO Evolusi 3D Eric Rudolf di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

3D printer yang dipasarkan Evolusi 3D ini ada berbagai macam. Ada yang seharga Rp 55 juta dengan kemampuan detail printing hingga 0,1 milimeter, tipe 3D printer ini adalah flashforge creator 3.


Kemudian ada juga yang seharga Rp 24-28 juta, dengan tipe inventor. Inventor ini punya tingkat detail printing juga mencapai 0,1 mm. Akan tetapi, dimensi yang dihasilkan berbeda dengan creator 3.

Lalu, yang paling murah yaitu flashforge adventurer 3 dengan harga Rp 12 juta. Printer ini lah yang paling laku dibeli.

"Paling banyak belinya yang adventurer 3. Karena murah tapi bisa bikinnya macam-macam," ujar Eric.

Modal Priter 3D Bisa Bisnis Custom Action Figure hingga Kaki PalsuFoto: Pameran Mainan Anak di JIExpo, (Vadhia Lidyana/detikFinance)

3D printer yang dipasarkan Evolusi 3D ini bisa mengolah berbagai macam bahan dasar. Di antaranya adalah filament (gulungan plastik), resin (cairan), alumunium, logam, dan juga kayu.

Eric mengatakan, sejauh ini memang minat pembeli di Indonesia belum besar untuk 3D printer ini. Ia pun mengatakan pembeli tetap Evolusi 3D ini baru sekitar 100 orang.

"Memang belum terlalu banyak ya untuk ya beli, kalau yang minat banyak sekali, yang nanyain banyak sekali. Tapi kalau pembeli sekitar ya 100 orang lah. Itu masih sedikit sekali hitungannya untuk di Indonesia," kata Eric.

Untuk customernya sendiri datang dari berbagai macam bidang. Ada peminat untuk menciptakan benda-benda entertaint seperti mainan atau aksesoris, ada manufaktur yang membuat prototype, institusi untuk edukasi, dan juga medis.

"Macam-macam pembeli kita. Dan sama rata aja semua. Ada yang dari manufaktur dia mau buat prototype, ada dari SD dan juga Universitas Airlangga, ada dari rumah sakit, yang suka buat aksesoris juga ada. Tapi masih sama rata semuanya," papar dia.


Untuk membeli 3D printer ini pun mudah. Bisa melalui situs,sosial media, dan e-commerce. Selain itu, dalam dua minggu ke depan juga Evolusi 3D akan meluncurkan aplikasi di gadget. Sehingga pembeli bisa melakukan transaksi melalui aplikasi tersebut.

"Pemasarannya via tokopedia official store, website dan sosial kita juga bisa. Dalam dua minggu ini juga kita mau punya aplikasi yang bisa didownload di app store dan play store. Sudah masuk google sekarang. Kira-kira bisa download dua minggu lagi," tandasnya.

Modal Priter 3D Bisa Bisnis Custom Action Figure hingga Kaki PalsuFoto: Pameran Mainan Anak di JIExpo, (Vadhia Lidyana/detikFinance)

Durasi pembuatan produk dengan 3D printer ini pun beragam tergantung bahan dan ukuran. Seperti mainan-mainan kecil hanya memakan waktu 2 jam. Lalu, aksesoris seperti tas bisa memakan waktu 2-3 jam. Akan tetapi, seperti alat medis kaki atau tangan palsu membutuhkan waktu 2-3 hari.



Modal Printer 3D Bisa Bisnis Custom Action Figure hingga Kaki Palsu


Simak Video "Keren! Ayah dan Anak Buat Lamborghini dari Printer 3 Dimensi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com