Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Jul 2019 17:38 WIB

Minat Buka Usaha Playground, Berapa Modalnya?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Pameran Mainan Anak di JIExpo, (Vadhia Lidyana/detikFinance) Foto: Pameran Mainan Anak di JIExpo, (Vadhia Lidyana/detikFinance)
Jakarta - Di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, ada pameran mainan dari mancanegara untuk pelaku usaha. Salah satunya adalah mainan besar untuk taman bermain playground, seperti ayunan, seluncuran, dan sebagainya.

Salah satunya Happy Play Indonesia. Perusahaan lokal satu-satunya di IITE ini memamerkan produk-produk playgroundnya yang beragam.

Salah satu produk andalannya yaitu indoor playground dengan harga sekitar Rp 60-70 juta. Indoor play ground ini dilengkapi dengan satu seluncuran dan trampolin. Lebarnya 7,2 meter dengan tinggi 2,5 meter.

"Ini nest indoor play ground, harganya sekitar Rp 60-70 juta. Partnya ini sebagian besar produksi dalam negeri kita sendiri. Kalau slider (seluncuran) itu masih impor," tutur staf marketing Happy Play Indonesia Taufiq, di JiExpo, Jakarta, Kamis (18/7/2019).


Minat Buka Usaha Playground, Berapa Modalnya?Foto: Pameran Mainan Anak di JIExpo, (Vadhia Lidyana/detikFinance)

Selain itu, ada juga perusahaan asal China, Zhejiang Monle Toys yang memasarkan berbagai macam mainan untuk playground. Misalnya satu set playground dengan satu seluncuran dipasarkan dengan harga Rp 44 juta (RMB 22.000). Besarnya set mainan tersebut yakni dengan panjang 2,8 meter dan tinggi 1,7 meter.

Lalu, Monle Toys juga menjual satu set playground dengan dua seluncuran seharga Rp 46 juta (RMB 23.000). Set ini lebih besar, panjangnya 4,15 meter dengan tinggi 1,7 meter.

Ada juga perusahaan asal China lainnya, Wenzhou East Amusement Equipment yang menjual playground dengan dimensi lebih besar. Contohnya set playground dengan 3 seluncuran. Panjangnya 6,8 meter dan tingginya 4,9 meter. Harga mainan ini Rp 355 juta (RMB 175.000).


Minat Buka Usaha Playground, Berapa Modalnya?Foto: Pameran Mainan Anak di JIExpo, (Vadhia Lidyana/detikFinance)

Selain mainan besar, Wenzhou juga menjual rumah-rumahan mini berbentuk jamur dengan panjang 2,8 meter dan tinggi 2 meter. Rumah jamur ini memiliki satu seluncuran. Harganya Rp 83,7 juta (RMB 41.250).


Minat Buka Usaha Playground, Berapa Modalnya?


Simak Video "Sensasi Serunya Pasar Malam di Jakarta Fair 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com