Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 20 Jul 2019 12:23 WIB

Penjualan Mobil Lesu, Ford Pangkas Ratusan Pegawai

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Francois Lenoir/Reuters Foto: Francois Lenoir/Reuters
Jakarta - Ford Motor Co akan memangkas 200 pegawai pabrik di Oakville, Ontario Kanada ada September mendatang. Rencana pemangkasan pegawai diperkirakan berlanjut pada Januari tahun depan. Saat ini, Ford mempekerjakan 4.600 pegawai di Oakville.

"Kami telah berdebat beberapa pekan terakhir untuk tidak melakukan hal ini, tapi tidak berhasil," kata Presiden Unifor Dave Thomas pada laman serikat dikutip dari Reuters, Sabtu (20/7/2019).

Presiden Serikat Pekerja sebelumnya memperkirakan pemangkasan karyawan hanya sebanyak 185 orang. Namun ternyata jumlahnya mencapai 200 orang.

"Ini didasarkan pada keputusan bisnis," ujarnya.

Sebagai informasi penjualan mobil di Kanada pada Juni mengalami penurunan 7,2%. Ini merupakan penurunan terdalam selama 16 bulan terakhir.


Pemangkasan pegawai yang dilakukan Ford karena melambatnya penjualan Ford Flex dan Lincoln MKT yang keduanya diproduksi di pabrik Oakville. Pabrik akan mengurangi produksi pada 1 Agustus dengan memotong satu shift dan mengurangi jam kerja.

Juru Bicara Menteri Pembangunan Ekonomi Ontario Robert Gibson mengaku kecewa dengan adanya PHK.

"Kami ingin karyawan di Oakville tahu bahwa kami mendukung mereka dan keluarga mereka. Kami akan bekerja dengan mitra kami untuk terus berjuang demi pekerjaan yang baik di Oakville dan mendukung keluarga yang terkena dampak PHK," ujarnya.

Sebelumnya, Ford telah mengumumkan rencana pemangkasan 105 karyawannya pada Mei lalu. Artinya, ada 7.000 pegawai yang terkena dampak ini.



Penjualan Mobil Lesu, Ford Pangkas Ratusan Pegawai


Simak Video "Robotisasi dan Ancaman PHK Menanti"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com