Ancaman Gagal Bayar Duniatex Hantui Perbankan

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 25 Jul 2019 05:58 WIB
3.

Bank Bersiap Hadapi Risiko

Ancaman Gagal Bayar Duniatex Hantui Perbankan
Foto: Rachman Haryanto

Direktur Manajemen Risiko BNI Bob Tyasika Ananta mengungkapkan kredit sebesar Rp 459 miliar mengalir ke anak usaha Duniatex. Komposisi pinjaman terdiri dari Rp 301 miliar kredit sindikasi dan Rp 158 miliar kredit bilateral.

Bob mengungkapkan, tenor atau jangka waktu pembayaran Duniatex harus dilakukan pada Juni 2019. Dia menjelaskan cicilan kredit masih normal dilakukan oleh Duniatex dan masuk dalam kategori kolektabilitas satu.

"Dengan adanya kejadian ini, BNI sudah mengantisipasi pembayarannya akan seperti apa pada Juli 2019," kata Bob di Gedung BNI, kemarin.

Menurut Bob, langkah ini dilakukan karena BNi mendapatkan informasi jika anak usaha Duniatex, Delta Dunia Sandang Tekstil disebut mengalami gagal bayar pokok dan bunga surat utang global dengan total nilai US$ 11 juta.

Bob menyampaikan saat ini BNI sudah memegang aset Duniatex yang diagunkan untuk mendapatkan kredit. Menurut Bob jaminan yang dimiliki BNI nilainya mencapai 2,5 kali lipat dari total kredit yang disalurkan BNI.

"Ini kami baru saja terjadi ya. Kami sedang membicarakan dengan pemiliknya untuk mencarikan investor. Kita lihat seperti apa," kata Bob.