Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Jul 2019 22:45 WIB

Cegah Anjlok, Harga Garam Bakal Diatur Pemerintah

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Wikha Setiawan/detikcom Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Jakarta - Harga garam di sejumlah daerah anjlok. Pemerintah pun turun tangan atas kejadian tersebut. Nantinya harga garam bakal diatur pemerintah melalui harga eceran terendah (HET).

Hal itu telah disepakati dalam rapat koordinasi membahas masalah garam yang dipimpin langsung oleh Luhut. Rapat dihadiri oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.

"Ya nanti harga eceran terendah ada kita mau buat. Harga eceran terendah dengan perpres tadi akan bisa dibuat," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Kamis (25/7/2019).


Perpres yang dimaksud adalah Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting.

"Kita akan masukkan kembali ke perpres nomor berapa, jadi barang penting, sehingga harga ecerannya itu bisa dibuat. Sehingga orang nggak bisa lagi harga itu di bawah dari harga yang kita tentukan nanti. Kalau itu terjadi saya pikir sudah akan bisa mengurangi masalah," jelas Luhut.


Pemerintah juga akan memperbaiki dalam hal menentukan kualitas garam. Menurutnya ada indikasi permainan oleh buyer terhadap produsen garam, di mana produk yang berkualitas baik dinilai sebaliknya.

"Suka dimainin juga petani ini mungkin, karena kita sekarang mau memastikan pakai Sucofindo untuk menentukan kualitas daripada garam itu. Padahal rata-rata sekarang yang KW 2 pun sudah di 97% (NaCl) kadarnya," tambahnya.

Simak Video " Mengenal Garam Gunung Asli Desa Longmidang"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com