Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 13 Agu 2019 16:04 WIB

Mobil Listrik RI Bakal Mejeng di Dubai Expo

Hendra Kusuma - detikFinance
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Foto: Muhammad Ridho Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan Indonesia akan menampilkan mobil listrik dan siap berkampanye soal crude palm oil (CPO) saat mengikuti World Dubai Expo 2020.

World Dubai Expo 2020 merupakan acara internasional yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali. Tahun depan, Dubai menjadi tuan rumah setelah sebelumnya Milan, Italia.

"Seperti diarahkan Presiden bahwa dalam kegiatan pameran apalagi expo besar ini pilihannya adalah kita ikut harus baik, harus representatif betul-betul memberi image citra yang bagus atau lebih baik kita tidak usah ikut," kata Enggar di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (13/8/2019).


World Dubai Expo 2020 akan diselenggarakan di lahan seluas 438 hektar dengan target pengunjung di atas 25 juta orang dan berlangsung selama enam bulan.

Sesuai arahan Presiden Jokowi, kata Enggar, venue Indonesia akan menggambarkan wajah tanah air yang memiliki beragam budaya. Bahkan rencananya melibatkan pihak swasta, BUMN, hingga Bank Indonesia (BI).

"Seperti Astra sebagai main sponsor maka Astra juga nanti diminta untuk tampilkan sebagai contoh produksi mobilnya yang juga futuristik nanti akan bikin mobil listrik, sedan dan sebagainya. Hal-hal yang bisa berikan image positif gimana Astra bangun toll road dan berbagai hal," ujar Enggar.

Pada kesempatan itu, Indonesia juga akan memanfaatkan untuk kampanye CPO yang selama ini mendapat banyak serangan dari Uni Eropa.

"Kalau kita berbicara tentang CPO, tetapi kita di situ juga memberikan gambaran mengenai kondisi hutan yang sudah dihutankan kembali," tegas dia.


Mengenai keterlibatan soal UMKM, Enggar mengaku akan menampilkan para pelaku usaha terbaik dalam negeri.

"Diingatkan juga agar kita melakukan kegiatan promosinya bukan hanya di dalam negeri, jadi road to Dubai itu juga dengan mempublikasikannya di luar negeri sebagai potensi pasar yang diharapkan pengunjung itu akan datang mengunjungi paviliun kita," ungkapnya.

Simak Video "Demi Citra Diri, Jokowi Mau Booth RI di Dubai Expo Jangan Dekat Toilet!"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com