Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 29 Agu 2019 18:12 WIB

Mobil Listrik Harus Terjangkau untuk Masyarakat!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fary Djami Francis meminta agar kendaraan listrik harganya bisa murah dan terjangkau untuk masyarakat.

"Harus diupayakan harga jual (kendaraan listrik) dapat terjangkau oleh masyarakat," tegas Fary dalam sambutannya pada diskusi Forum Perhubungan dengan detikcom, Kamis (29/8/2019).

Fary meminta agar pemerintah mendorong pola investasi yang bisa menguntungkan bagi para produsen. Di sisi lain, produk yang dihasilkan nilai ekonominya masih bisa dijangkau masyarakat luas.

"Catatan kami juga belum dibuatkan pola investasi dengan para produsen kendaraan listrik. Harga jual supaya dibuat sedekat mungkin dengan tingkata keekonomian masyarakat, beberapa insentif bisa dipikirkan," kata Fary.


Selain itu, dia mendorong pemerintah berikan insentif parkir gratis serta pembebasan ganjil genap untuk mendorong masyarakat mau gunakan kendaraan listrik.

"Berikutnya berikan insentif gratis parkir seperti di Jepang dan juga bebas ganjil genap jika diterapkan di Indonesia," ucap Fary.


"Tapi ingat, memberikan gratis parkir dan ganjil genap tidak menyelesaikan kemacetan di jalan raya," lanjutnya.

Simak Video "Grab Masih Pertimbangkan Mitranya Gunakan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com