Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Sep 2019 16:05 WIB

PR Buat Esemka Agar Bisa Bersaing dengan Mobil Merek Jepang

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Jokowi jajal mobil Esemka (Andhika Prasetia/detikcom) Foto: Jokowi jajal mobil Esemka (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Industri kendaraan bermotor, khususnya roda empat di Indonesia didominasi oleh merek Jepang. Tentunya menjadi tantangan bagi mobil Esemka untuk mampu survive di tengah kondisi tersebut. Lantas apa yang harus dilakukan oleh mobil karya anak bangsa itu?

Pengamat Otomotif Bebin Djuana menjelaskan, Esemka harus mampu membangun jaringan sampai ke pelosok-pelosok. Pasalnya mobil model pick up alias bak terbuka ini lebih diperuntukkan di desa-desa, misalnya mengangkut hasil bumi.

"Esemka masih punya peluang, tidak perlu takut dengan pemain lama yang sudah eksis. Yang dibutuhkan kerja keras karena jualannya ke pelosok nusantara," kata dia saat diwawancara detikcom, Senin (9/9/2019).

Dia mencontohkan, Esemka harus mampu membangun jaringan bengkel yang mampu menangani mobil tersebut di pelosok, serta jaringan toko yang mau menjual onderdil kendaraan niaga tersebut.


Itu diperlukan kerja sama dengan Sekolah Teknik Menengah (STM) di bidang otomotif. Mereka perlu diperkenalkan dengan Esemka. Jadi nantinya mereka bisa menangani mobil tersebut ketika dibutuhkan. Pemiliknya jadi tak perlu jauh-jauh ke kota untuk melakukan perbaikan.

"Membangun jaringan bengkel atau melatih siswa STM supaya mereka bisa buka bengkel di kampung sendiri tidak perlu ke kota besar," sebutnya.


Mobil Esemka menurutnya juga harus dipastikan tangguh menghadapi kondisi di pelosok, mulai dari daya angkut barang, kapasitas tangki BBM, hingga irit bahan bakar.

"Tantangannya adalah kendaraan berkualitas, dibutuhkan kendaraan yang awet, yang tidak rewel. Itu yang menjadi kunci untuk bisa berhasil untuk Esemka," tambahnya.

Simak Video "Bima, Mobil Pertama Esemka Diluncurkan!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com