Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Okt 2019 18:44 WIB

Perusahaan Farmasi Ini Uji Coba Kirim Obat Pakai Drone

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Drone Kargo Foto: istimewa Drone Kargo Foto: istimewa
Jakarta - CVS, perusahaan farmasi asal Amerika, kini tengah mengeksplorasi pengiriman obat melalui drone. Dalam pelaksanaannya, CVS tengah bekerjasama dengan UPS (United Parcel Service) untuk melakukan pengiriman drone.

Melansir dari CNN, Selasa (22/10/2019), CVS mengatakan bahwa mereka percaya kalau pelanggan membutuhkan pengiriman obat yang cepat, terutama di daerah pedesaan. Hal ini mereka sampaikan dalam sebuah pernyataan singkat pada Senin (21/10/2019) waktu setempat.

Pengiriman melalui drone ini akan berkerja secara otomatis, drone akan terbang pada rute yang telah direncanakan. Setiap drone dapat membawa paket hingga 5 pound (atau sekitar 2,2 kilogram) dan meninggalkan paket (obat) di halaman depan atau belakang rumah. Manusia hanya akan mengawasi penerbangan drone dan mengambil alih jika diperlukan.

"Ini adalah lompatan kuantum dalam hal apa yang mungkin," kata Wakil Presiden Advanced Technology Group UPS Bala Ganesh kepada CNN Business.
Berdasarkan keterangan Bala, penggunaan drone ini dapat mempercepat pengiriman obat. Menurutnya pengiriman obat dapat dilakukan secepat 5 atau 10 menit, di mana hal ini dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati.

"Kecepatan (dalam mengirim obat) dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati," Jelas Bala.
Hanya saja baik CVS maupun UPS belum bisa mengatakan kapan atau di mana mereka dapat mulai mengoperasikan fitur pengiriman drone ini. Mereka juga masih belum bisa menyampaikan berapa banyak pengiriman yang dapat mereka lakukan.

Sebelum CVS, perusahaan farmasi Walgreens, telah terlebih dahulu meluncurkan layanan pengiriman drone kecil di Christiansburg, Virginia. Dalam pelaksanaannya Walgreens bekerjasama dengan Wing, perusahaan pengiriman drone yang dioperasikan oleh perusahaan induk Google Alphabet.

Simak Video "Drone Dimanfaatkan Petani Tanzania Pelihara Tanaman Padi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com