Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Nov 2019 08:15 WIB

Menperin Minta Kemendag Tutup Keran Impor Pacul

Danang Sugianto - detikFinance
1 Menperin ke Mendag: Setop Impor Cangkul!
Halaman 2 dari 4
Foto: Dana Aditiasari
FOKUS BERITA Balada Pacul Impor

Impor pacul atau cangkul ramai diperbincangkan. Isu ini muncul ketika Presiden Joko Widodo menyinggung masih adanya ratusan ribu cangkul yang diimpor.

Menindak lanjuti hal itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang telah meminta kepada Kementerian Perdagangan untuk menutup izin impor cangkul segera.

Hal itu telah disampaikan kepada perwakilan Menteri Perdagangan saat rapat Tim Nasional (Timnas) Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) sore ini.

"Tadi ada perwakilan dari Menteri Perdagangan, kami sudah minta untuk menyetop, tutup izin impor cangkul," ujarnya usai rapat di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Agus menilai, sebenarnya tanpa perlu impor pelaku industri dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dari sisi kualitas juga tidak kalah dengan produk cangkul impor.

"Sebetulnya sudah siap. Ini kan harus ada kesadaran dari masing-masing dari kita, bahwa produk-produk kita sudah siap termasuk kualitas. Kedua kita harus banggalah terhadap produk kita sendiri. Masa kok pacul. Berilah kesempatan," ujarnya.

Menurutnya selama ini yang menjadi masalah dari sisi pembeli yang masih minim kesadaran untuk mencintai produk dalam negeri. Sebab produk cangkul impor bisa lebih murah.

Selama ini memang celah masuk produk impor cangkul berada dalam Permendag (Peraturan Menteri Perdagangan) Nomor 30 tahun 2018 tentang ketentuan impor perkakas tangan.

"Saya sudah minta dalam rapat. Mudah-mudahan berdoa saja menteri perdagangan bisa menutup segera. Kalau saya punya hak kewenangan sendiri untuk menutup itu saya tutup sekarang impor pacul. Tapi kan bukan saya," tegasnya.

(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com