Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 26 Nov 2019 13:18 WIB

RI Bidik Ekspor 1 Juta Mobil di 2025

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: dok. TMMIN Foto: dok. TMMIN
Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan agar ekspor kendaraan dalam keadaan utuh atau Completely Build Up (CBU) terus meningkat. Ekspor diharapkan mencapai 1 juta unit pada 2025 sesuai dengan peta jalan (roadmap) industri otomotif.

Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional Kemenperin Doddy Rahadi mengatakan, target ekspor kendaraan CBU tahun ini sudah mencapai 400 ribu unit.

"Pada tahun 2019, ekspor kendaraan CBU ditargetkan mencapai 400 ribu unit dan diharapkan terus meningkat setiap tahunnya. Sehingga tahun 2025 industri otomotif nasional diharapkan dapat ekspor CBU sebesar 1 juta unit," kata Doddy di Gedung Tribata, Jakarta Selatan, Selasa (26/11/2019).

Doddy merinci, mengenai produksi kendaraan bermotor roda 4 sampai Oktober 2019 sudah mencapai 1,08 juta unit. Dari jumlah tersebut, penjualan domestik sekitar 849 ribu unit berasal dari produksi lokal maupun impor.

Doddy memastikan bahwa pemerintah akan terus berupaya menjajaki atau memperluas pasar ekspor untuk otomotif Indonesia. Saat ini sendiri, pangsa pasar ekspor sudah ke lebih dari 80 negara.

"Di samping itu, saat ini pangsa pasar ekspor ke lebih dari 80 negara termasuk 5 negara tujuan utama yaitu Filipina, Saudi Arabia, Jepang, Meksiko dan Vietnam," tutur Doddy.


Dengan terus berkembangnya industri otomotif di Indonesia, ia berharap dapat berdampak bagi kondisi perekonomian negara.

"Industri otomotif saat ini telah berkembang dengan baik dan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional, melalui peningkatan ekspor, investasi dan penyerapan tenaga kerja," pungkas Doddy.

Simak Video "Jokowi Sasar Eropa dan Afrika Untuk Tujuan Ekspor"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com