Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 01 Des 2019 20:15 WIB

Laporan dari Sacheon

Sandal Jepit Indonesia Segera Masuk ke Korea Selatan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi Sandal Jepit (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom) Ilustrasi Sandal Jepit (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Tak banyak yang tahu kalau Indonesia punya beragam produk yang sudah malang melintang menembus pasar Korea Selatan (korsel). Adalah Inakor Co.,Ltd yang dimiliki oleh Hartono, seorang pengusaha asal Indonesia yang berhasil membawa produk-produk RI menembus negeri ginseng tersebut.

Salah satu andalannya adalah produk sisa pengolahan kayu sengon hingga beragam kerajinan kayu.

Tidak hanya limbah kayu sengon dan kerajinan dari kayu, kini Hartono tengah dalam proses mengimpor sandal jepit merek Indonesia ke Korea Selatan.

"Sandal jepit yang bagi sebagian orang tidak menarik, ternyata juga menyimpan peluang ekspor. Di Korea Selatan, sandal jepit Indonesia mulai diminati," ujar Hartono akhir pekan lalu di Sacheon, Korea Selatan.


Hartono juga menjelaskan, produk lain yang memiliki nilai jual yang menjanjikan di pasar Korea adalah sedotan dari bambu yang ramah lingkungan.

Pesaing Indonesia adalah Filipina dan Vietnam. Namun, dengan kualitas dan konsistensi kualitas dan kontinuitas pasokan, produk asal Indonesia menjadi lebih berdaya saing. Konsumen Korea sangat berminat dengan produk-produk ekspor Indonesia.

Inakor. Co.Ltd adalah perusahaan eksportir dan importir yang didirikan diaspora Indonesia pada September 2018. Inakor juga aktif mengikuti pameran perdagangan yang difasilitasi Kementerian Perdagangan seperti Cafeshow, Seoul Food, Entech, dan sebagainya.


Sementara itu, Kepala ITPC Busan Dewi menyampaikan, pihaknya berkomitmen membantu para importir di Korea Selatan yang berminat dengan produk-produk dari Indonesia.

"ITPC Busan siap membantu para importir di Korea Selatan untuk memasarkan produk-produk Indonesia ke Korea Selatan," pungkas Dewi.

Simak Video "Jokowi Targetkan Indonesia Ekspor Beras 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com