Ini yang Bikin Orang Terkaya Afrika Mau Borong Mobil Desa Buatan RI

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 06 Jan 2020 14:37 WIB
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Mobil pedesaan buatan Indonesia yaitu Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) dinilai tahan banting di medan berat sekalipun. Apalagi kendaraan tersebut memiliki beragam fungsi. Kelebihan tersebut membuat salah satu orang terkaya Afrika kenamaan Nigeria, Aliko Dangote ingin memborongnya.

"Dia sangat tertarik itu karena AMMDes itu bisa offroad. Jadi bisa di offroad, bisa digunakan di daerah-daerah yang memang infrastrukturnya itu minim, dan jalan-jalannya ekstrem dia bisa," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika di Kemenperin, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020).

Kelebihan tersebut membuat mobil desa dapat diandalkan, misalnya untuk membawa logistik di medan yang sulit ditempuh dengan kendaraan biasa.

"Jadi dia bisa untuk membawa logistik dan juga hasil-hasil daerah, itu bisa dibawa ke desa maupun kota yang terdekat," lanjutnya.



Satu hal lagi yang membuat orang terkaya Afrika tertarik, mobil desa memiliki banyak kegunaan, tak seperti mobil pada umumnya yang mungkin hanya untuk mengangkut orang ataupun barang.

"Yang kedua itu adalah kendaraan itu multiguna, dan itu sangat tertarik dia karena banyak hasil-hasil bumi di sana yang tersebar. Nah ini perlu alat yang seperti (AMMDes) itu yang bisa dia mobile untuk melayani masyarakat yang agak luas. Nah ini kenapa dia sangat tertarik," tambahnya.

Putu sebelumnya menjelaskan Aliko Dangote bakal memborong 10.000 mobil pedesaan buatan Indonesia.

"Memang ada rencana ekspor 10 ribu unit AMMDes ke afrika. Nah tindaklanjutnya kemarin sudah ketemu sama pengusaha Nigeria dan juga sudah melakukan eksibisi di Nigeria yaitu di sana difasilitasi oleh ITPC, juga kedutaan di Nigeria," jelasnya.

Ini yang Bikin Orang Terkaya Afrika Mau Borong Mobil Desa Buatan RI




Simak Video "Gaharnya Mobil Desa Seusai Dimodifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)