Orang Terkaya Afrika Kepincut Mobil Desa RI, Mau Borong 10.000 Unit

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 07 Jan 2020 07:27 WIB
Orang Terkaya Afrika Kepincut Mobil Desa RI, Mau Borong 10.000 Unit. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan salah satu orang terkaya Afrika asal Nigeria berminat mengimpor mobil pedesaan buatan Indonesia yaitu Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes).

Sebanyak 10.000 unit mobil desa akan diborong secara bertahap yang diperkirakan selama 5 tahun ke depan. Tahun ini dan tahun depan diharapkan bisa dikirim 1.000 unit terlebih dahulu.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan orang terkaya Afrika yang dimaksud adalah Aliko Dangote, pengusaha asal Nigeria. Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Media Gathering membahas kinerja tahun 2019 dan outlook pembangunan sektor industri 2020.

"Seorang bernama Dangote. Barangkali kalau tidak orang terkaya di Afrika tapi dia salah satu 5 besar terkaya di Afrika, asal Nigeria yang sangat minat untuk impor AMMDes ke Nigeria. Ini salah satu contoh," kata Agus di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020).

Kemenperin, lanjut dia sedang melakukan negosiasi dengan pihak-pihak yang berminat untuk membeli mobil pedesaan yang memiliki beragam fungsi ini.

"Jadi ini multifungsi bisa dipakai, fungsinya macam-macam. Kami sedang melakukan negosiasi dengan pihak, beberapa pihak khususnya yang sangat tertarik untuk impor AMMDes ini yakni Nigeria," jelasnya.

Pihaknya juga akan mendorong penggunaan mobil pedesaan di dalam negeri. Pihaknya pun akan melobi Kementerian Sosial (Kemensos) agar membeli mobil pedesaan untuk penanganan bencana.

"Jadi teman-teman Kemensos akan kami lobi untuk beli Ammdes untuk dikembangkan jadi kedaraan dapur umum bencana misalnya, sangat bisa, kendaraan untuk tangki air bencana itu juga bisa," tambahnya.

Siapa sih sebenarnya Dangote ini?
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gaharnya Mobil Desa Seusai Dimodifikasi"
[Gambas:Video 20detik]