Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Jan 2020 13:20 WIB

Kenalkan Alugoro! Kapal Selam Garapan Anak Bangsa

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Ardian Fanani
Jakarta -

PT PAL Indonesia (Persero) berhasil memproduksi kapal selam. Kapal selam itu dinamakan Alugoro dan menjadi kapal selam yang pertama kali digarap anak bangsa.

Alugoro sendiri baru saja berhasil menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali. NDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) yang mesti dipenuhi sebuah kapal selam. Dalam tes itu, Alugoro berhasil menyelam sedalam 250 meter.

"Tahapan NDD ini sangat penting karena setelah tahapan NDD berhasil dilaksanakan dapat disimpulkan 90% proses pembangunan kapal selam telah berhasil," ungkap Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro, dikutip dari laman website utama PT PAL, pal.co.id, Rabu (22/1/2020).


Alugoro sendiri merupakan kapal selam ketiga yang berhasil digarap dari kerja sama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME).

PT PAL mengklaim, pembangunan Kapal Selam Alugoro menjadikan Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membuat kapal selam.

Alugoro sepenuhnya dibangun di Fasilitas Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero). Kapal selam ini sendiri sudah diluncurkan sejak 11 April 2019 di Dermaga Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero). Setelah itu Kapal Selam Alugoro menjalani berbagai proses pengujian.

Mulai dari tes Harbour Acceptance Test (HAT) dan SAT. Direncanakan kapal ini bakal diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan pada bulan Desember 2020. Untuk nantinya akan digunakan oleh TNI AL.


Alugoro memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter, kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot. Kegiatan SAT dilaksanakan di perairan utara Pulau Bali yang merupakan area latihan TNI AL serta memiliki kedalaman laut yang memadai.

Selama pengujian, Kapal Selam Alugoro dikawal oleh KRI RE Martadinata-331. Selama pelaksanaan SAT Kapal Selam Alugoro menggunakan Dermaga APBN, Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi sebagai sarana dan fasilitas berlabuh.



Simak Video " Top! Kapal Selam Pertama Indonesia Lulus Tes Nominal Diving Depth"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com